Yoo guys kembali bersama ane, sekarang ane bakal ngasih pengetahuan tentang apa itu RPL. Buat kalian yang anak RPL pas ditanya sama orang lain RPL itu apa maka jawabnya jangan bahas kode-kode pemrograman dijamin itu jawaban bikin orang yang nanya kebingungan. Nah jika kalian ingin tau jawaban harusnya apa simak aja ya dijamin gabakal nyesel.
Pengertian dan Tujuan RPL
Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
- Analisis :
- Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah
- Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
- Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
- Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
Proses :
1. Penjadwalan : Kapan program akan dibuat, sasaran waktu program selesai, DLL
2. Analisis Kebutuhan : Software apa yang dibutuhkan, DLL
Hasil :
- Target waktu pengerjaan
- Spesifikasi Perangkat Lunak
Proses :
1. Penjadwalan : Kapan program akan dibuat, sasaran waktu program selesai, DLL
2. Analisis Kebutuhan : Software apa yang dibutuhkan, DLL
Hasil :
- Target waktu pengerjaan
- Spesifikasi Perangkat Lunak
- Desain :
- Mengembangkan Spesifikasi Teknologi
- Mendapatkan dan menstruktur kebutuhan sistem secara keseluruhan
Proses :
- Membuat diagram
- Membuat user interface
Hasil :
- Spesifikasi tampilan, pemrosesan, laporan
- Struktur program, basis data, perancangan struktur fisik
Ruang Lingkup
- Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
- Software Desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak
- Software Construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
- Software Testing meliputin pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak\
- Software Maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan
- Software Configuration Management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
- Software Engineering Managemet berhubungan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
- Software Engineering Tools And Methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL
- Software Engineering Process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
- Software Quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
Jadi udah nemu jawabannya ?
Jawabannya yaitu Rekayasa Perangkat Lunak adalah membahas semua aspek produksi software, mulai dari tahap D'Sign, pengkodean, pengujian, sampai maintenance. Nah cukup singkat kan
- Software Testing meliputin pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak\
- Software Maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan
- Software Configuration Management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
- Software Engineering Managemet berhubungan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
- Software Engineering Tools And Methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL
- Software Engineering Process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
- Software Quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
Jadi udah nemu jawabannya ?
Jawabannya yaitu Rekayasa Perangkat Lunak adalah membahas semua aspek produksi software, mulai dari tahap D'Sign, pengkodean, pengujian, sampai maintenance. Nah cukup singkat kan
Komentar
Posting Komentar