Langsung ke konten utama

Rekayasa Perangkat Lunak

Yoo guys kembali bersama ane, sekarang ane bakal ngasih pengetahuan tentang apa itu RPL. Buat kalian yang anak RPL pas ditanya sama orang lain RPL itu apa maka jawabnya jangan bahas kode-kode pemrograman dijamin itu jawaban bikin orang yang nanya kebingungan. Nah jika kalian ingin tau jawaban harusnya apa simak aja ya dijamin gabakal nyesel.
Pengertian dan Tujuan RPL

Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
  • Analisis :
  Tujuan :  
   - Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah 
   - Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
   - Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform 
   - Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
  Proses :
   1. Penjadwalan : Kapan program akan dibuat, sasaran waktu program selesai, DLL
   2. Analisis Kebutuhan : Software apa yang dibutuhkan, DLL
  Hasil :
   - Target waktu pengerjaan
   - Spesifikasi Perangkat Lunak  
  • Desain :
  Tujuan :
   - Mengembangkan Spesifikasi Teknologi
   - Mendapatkan dan menstruktur kebutuhan sistem secara keseluruhan 
  Proses :
   - Membuat diagram
   - Membuat user interface
  Hasil :
   - Spesifikasi tampilan, pemrosesan, laporan
   - Struktur program, basis data, perancangan struktur fisik

Ruang Lingkup
   - Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
   - Software Desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak
   - Software Construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
   - Software Testing meliputin pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak\
   - Software Maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan
   - Software Configuration Management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
   - Software Engineering Managemet berhubungan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
    - Software Engineering Tools And Methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL
   - Software Engineering Process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
    - Software Quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak

Jadi udah nemu jawabannya ?
Jawabannya yaitu Rekayasa Perangkat Lunak adalah membahas semua aspek produksi software, mulai dari tahap D'Sign, pengkodean, pengujian, sampai maintenance. Nah cukup singkat kan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan dari Incremental Model dan Concurrent Development Model

Halo, sobat. Seperti yang kita ketahui, pengembangan rekayasa perangkat lunak memiliki banyak model contohnya Waterfall Model , V Model , RAD Model , dan lain sebagainya. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu Incremental Model dan Concurrent Development Model , kita juga akan membahas kelebihan dan kekurangan dari model tersebut.

Cara Mengubah Sajian Grafik, Tabel dan Diagram Menjadi Uraian Deskriptif

Pernahkah kalian menjumpai sebuah bacaan yang berisi data statistik? Informasi yang bersifat data statistik dari koran atau bacaan lain terkadang sukar ditafsirkan, sehingga perlu penyajian sederhana dalam bentuk diagram atau grafik. Jika kalian dapat membaca dan memahami isi grafik dalam sebuah bacaan, kalian dapat memperoleh informasi secara lengkap. Berikut ini kalian akan dilatih untuk membaca dan memahami grafik dan akhirnya kalian dapat menuliskan informasi dari grafik tersebut dalam wujud kalimat-kalimat.

Kelebihan dan Kekurangan V Model, RAD Model, dan Spiral Model

Halo, sobat. Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas tentang Incremental Model dan Concurrent Development Model , serta kelebihan dan kekurangan dari model tersebut. Pada postingan kali ini kita akan kembali membahas model pengembangan perangkat lunak, namun kita hanya akan membahas kelebihan dan kekurangan dari model-model pada judul kita kali ini ( V Model , RAD Model , dan Spiral Model ).